Skip to main content

Posts

Showing posts from June, 2015

Gitu Dong! Akhirnya Unity 8 Akan Perbaiki Fitur Search Online dari Unity 7

Fitur pencarian sudah menjadi salah satu fitur yang jadi perdebatan hangat disejumlah pegiat opensource dan privasi internet. Canonical selaku pihak yang mengembangkan Ubuntu secara sengaja memasukkan fitur search ke sejumlah layanan berbasis web dan mengambil untung dari proses pencarian itu. Hal ini dimungkinkan karena mereka menggunakan API dan semacam referal code yang oleh sebagian besar aktivis FOSS dinyatakan sebagai pelanggaran etika yang serius.

Tuh, Ubuntu Desktop dengan Snappy Packages Dirilis

Developer Ubuntu akhirnya bisa juga membangun Desktop Ubuntu selanjutnya dengan pemaketan yang menggunakan konsep Snappy Package. Hehe, jangan ge-er dulu, mereka cuma baru bisa membuat images untuk sistem 32 bit, i386... ( jadul banget ). Seperti hasil diskusi dari developer-developer Ubuntu bulan lalu, Canonical sebagai perusahaan dibalik Ubuntu, bakal merilis dua versi Ubuntu (wkwkwk), satu yang berbasis Debian dan satu lagi berbasis Snappy Packages. Snappy Packages, snappy packages, apaan sih? Snappy Packages pada dasarnya adalah mekanisme pemaketan dan instalasi software yang tidak seperti paket RPM ataupun DEB. Versi terbaru dari sebuah software akan dipasang di tempat terpisah dari versi sebelumnya, jika software terbaru itu gagal, software versi lama yang akan dipakai. Persis seperti model update software di HP. Berita tentang hadirnya versi Ubuntu dengan Snappy Package ini disampaikan lewat Google+ oleh om  Will Cooke. We're off and running! + Sebastien Bacher  

Gagal & Banyak Kendala, OTA Update untuk Ubuntu Touch Hadir Sebulan Lagi (kalau bisa)

Om Lukasz Zemczak menjawab kerisauan sejumlah pengguna Ubuntu Phone yang menanti-nanti Update OTA yang dijanjikan pada awal Juni tahun 2015 ini. OTA Update ini terlanjur diberitakan oleh banyak situs tekno pada akhir Mei kemarin. Ternyata Canonical gagal menghadirkan OTA Update ini. Hari ini, Softpedia melansir berita konfirmasi atau tepatnya janji lagi dari Canonical yang disampailan oleh om Lukaasz. Lukasz mengatakan bahwa, OTA update dari Ubuntu Phone akan hadir di awal pekan atau tengah pekan bulan Juli 2015.

Ini Loh Caranya Nginstall GNOME 3.16 di Ubuntu 15.04, Gampang Tapi Butuh Modal

Sebenarnya proses menginstall GNOME di Ubuntu itu perkara membuang waktu saja. Kita bisa download ISO Ubuntu GNOME edition dan tidak pusing-pusing melakukan install manual. Tapi kalau kalian memang lagi kurang kerjaan , silakan ikuti tutorial ini. Sekali lagi, jangan coba-coba kalau kalian tidak punya modal yang cukup, yaitu bandwith internet yang cukup dan kencang. Pakai modem sih boleh, asal kalian tega nunggu ... heuheu. Versi GNOME terbaru saat tulisan konyol ini ditulis adalah versi 3.16. Datang sekitar bulan Maret 2015, dan baru beberapa distro saja yang sudah mulai menyediakan repo softwarenya.

Ga Usah Kepedean! Ubuntu Memang Dipakai Engineer Google di Project Soli

Saran saya sih gak usah kepedean ! walaupun Ubuntu memang dipakai oleh para engineer Google untuk memperkenalkan Project Soli . Apa itu Project Soli? (belum tahu toh?). Project Soli adalah project ambisius dari Google yang ingin menerapkan teknologi radar ( iya, radar! ) sebagai salah satu interface interaksi antara manusia dan mesin dimasa datang. Prototipe dari Project Soli sendiri sudah diperkenalkan beberapa hari yang lalu di Google I/O 2015 ( belum nonton? kebangetan! ). Prototipe hardware yang cukup kecil itu mampu menangkap pergerakan jari-jari dan menerjemahkannya menjadi intruksi-intruksi bagi mesin. Misal, menaik-turunkan volume, atau menekan tombol. Tonton aja nih videonya: Kalau diamati memang para engineer pake Ubuntu. Tapi, gak usah kepedean !

Pret! Ubuntu Phone Yang Bisa Dijadikan PC Akan Dibuat oleh BQ di Spanyol

Pret! janji teknologi convergence  yang dijanjikan oleh Canonical dari Ubuntu dan Ubuntu Phone tampaknya segera terwujud. Dari dulu sih, kata yang dipakai masih akan  dan segera . Entah, bisa bikin atau tidak. Kabar terbaru soal teknologi convergence yang ada di Ubuntu Phone datang dari daratan Eropa. Setelah sukses menjual Ubuntu Phone secara flash-sale, BQ akan memproduksi Ubuntu Phone yang akan berubah menjadi PC jika dipasangkan dengan docking  tertentu. Pret! Apa bisa sih...

Sok Hebat! Mark Shuttleworth Perkenalkan Snappy Ubuntu Core di Internet of Things World 2015

Gelaran Internet of Things World kembali digelar tahun ini di San Fransisco, Amerika Serikat. Event tempat promosi dan sharing teknologi internet of things ini diwarnai dengan aksi sok hebat dari founder Ubuntu, Mark Shuttleworth. Pada event tersebut, Mark Shuttleworth memperkenalkan sistem operasi baru untuk keperluan Internet of Things (IoT) yang dikeluarkan oleh Canonical, yaitu  Snappy  Ubuntu Core .