Skip to main content

LibreOffice 7.2 Office Suite Sekarang Tersedia untuk Diunduh, Ini Yang Baru


Document Foundation hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum dari LibreOffice 7.2 open-source, gratis, dan perangkat kantor lintas platform untuk sistem GNU/Linux, macOS, dan Windows.

Lebih dari enam bulan dalam pengerjaan, LibreOffice 7.2 hadir sebagai pembaruan besar dengan banyak fitur dan peningkatan baru di semua komponen inti, seperti Writer, Calc, Chart, Math, Base, Impress & Draw. Sekali lagi, kita berbicara di sini tentang LibreOffice 7.2 Community, suite office gratis yang didukung sukarelawan untuk produktivitas desktop.

Sorotan dari rilis LibreOffice 7.2 menyertakan HUD popup perintah baru ("Tampilan head-up") untuk mencari dan menjalankan tindakan, tema Gelap LibreOffice baru, panel Fontwork di Bilah Sisi, pemilih gaya yang dapat digulir di UI NotebookBar, tampilan daftar baru untuk dialog templat, dukungan asli untuk chip Apple M1, dan inspektur objek UNO seperti "Xray" bawaan.

Ada juga peningkatan dukungan untuk format metafile EMF/WMF, peningkatan untuk OLE terkait dalam dokumen, peningkatan pada backend gambar berbasis Skia, kecepatan menggambar gambar besar yang lebih baik, peningkatan kecepatan rendering teks saat menggunakan font fallback, peningkatan kecepatan swapping dan konsumsi memori grafis, serta meningkatkan kecepatan pemuatan dokumen dengan menggunakan crc32.

yang dioptimalkan zlib Untuk LibreOffice Writer, rilis ini menambahkan dukungan untuk pengisian latar belakang untuk menutupi seluruh halaman, di luar margin, dukungan margin selokan untuk gaya halaman, peringatan baru di Mail merge tentang sumber data yang tidak ada, bayangan bidang metadata warna kustom, serta dukungan metadata RDF di Style Inspector.

Selain itu, Writer mendapatkan peningkatan bibliografi, label, dan kertas kartu nama data untuk pengguna Jepang, dukungan yang lebih baik untuk sel yang digabungkan dalam lukisan batas tabel yang kompatibel dengan Word, peningkatan ekspor PDF untuk dokumen yang berisi tautan antara jangkar dan catatan kaki atau catatan akhir, dan dukungan untuk string format daftar dalam file ODT.

Untuk LibreOffice Calc, ada kemampuan untuk memfilter menurut warna di FilterOtomatis, dukungan untuk keterangan dalam tabel HTML yang tercantum dalam dialog Data Eksternal, format tanggal campuran untuk format sel dalam bahasa Jepang, dukungan untuk algoritme penjumlahan Kahan, kursor 'salib gemuk' dalam opsi, dan kemampuan untuk memilih jenis dalam garis tren "Moving Average".

Selain itu, Calc kini hadir dengan dialog Tempel Spesial yang didesain ulang, "Select Visible Rows Only" dan "S pilih opsi Visible Columns Only" untuk membatalkan pilihan sel tersembunyi, peningkatan fungsi spreadsheet, peningkatan input otomatis, serta dukungan yang ditingkatkan untuk file XLSX.

Untuk LibreOffice Impress & Draw ada beberapa template baru yang tersedia di rilis LibreOffice 7.2, termasuk Candy, Freshes , Gray Elegant, Growing Liberty, dan Yellow Idea, dukungan untuk beberapa kolom di kotak teks LibreOffice, dan kemampuan untuk mengakses faktor penskalaan secara langsung melalui status bar.

Impress & Draw juga menawarkan gambar semi-transparan yang lebih cepat, rendering slide yang ditingkatkan kecepatan dengan mengambil gambar besar sebelumnya, verifikasi tanda tangan PDF berbasis PDFium, waktu pemuatan dokumen yang lebih baik, serta gambar garis putus-putus yang diperbaiki dan diperbaiki dalam mode presentasi.

LibreOffice Bagan telah diperbarui juga dengan kemampuan untuk menambahkan nama seri ke data label seri dan kemampuan untuk memilih jenis untuk garis tren "Moving Average", dan LibreOffice Math sekarang memungkinkan pengguna menskalakan kode i nput kotak dari panel opsi matematika, serta dari konfigurasi ahli.

Sekali lagi, banyak upaya dilakukan untuk membuat suite kantor LibreOffice lebih kompatibel dengan format sumber tertutup milik Microsoft Office suite, yang masih menggunakan standar ISO usang yang berisi sejumlah besar kompleksitas buatan yang tersembunyi, menyebabkan segala macam masalah.

Oleh karena itu, LibreOffice 7.2 dikemas dengan peningkatan signifikan pada interoperabilitas dengan file DOC lama, serta format dokumen DOCX, PPTX, dan XLSX yang lebih modern . Ada banyak peningkatan dan perbaikan bug pada filter impor/ekspor DOC, DOCX, XLSX, dan PPTX.

"Berkat aktivitas pengembangan yang terfokus dari pengembang sukarela dan bersponsor, LibreOffice 7.2 mengambil langkah maju yang signifikan dalam hal interoperabilitas transparan, sementara mempertahankan banyak keuntungan dalam hal ketahanan, ketangguhan, dan kepatuhan terhadap standar," kata The Document Foundation.

Anda dapat mengunduh Komunitas LibreOffice 7.2 sekarang dari situs web resmi, gratis. Edisi yang disebut "Komunitas" ini ditujukan untuk pengguna rumahan atau organisasi pendidikan, sementara perusahaan perlu menggunakan rangkaian aplikasi LibreOffice Enterprise dari mitra ekosistem.

Seri office suite LibreOffice 7.2 akan didukung oleh The Document Foundation dengan enam rilis pemeliharaan hingga 12 Juni 2022. Sementara itu, lihat video di bawah ini untuk melihat semua fitur baru dari rilis LibreOffice 7.2 beraksi!

Image credits: The Document Foundation/YouTube


Sumber: Google, 9to5linux.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Disable Antimalware Service Executable di Windows 10

Disadari atau tidak, Windows 10 (dan juga windows-windows lainnya) hadir dengan banyak sekali aplikasi bloatware (aplikasi yang tidak perlu-perlu amat dimiliki oleh end user). Contohnya, adalah aplikasi yang seharusnya sudah tergantikan fungsinya oleh antivirus, seperti Antimalware Service Executable . Aplikasi ini dicurigai membuat Windows 10 mengalami inefisiensi memori/RAM, memakan resource yang tinggi, dengan Load yang tinggi (tanpa limit terkadang). Nah, berikut adalah cara men-disable nya: Tekan tombol Windows + I untuk membuka apliaksi Windows Setting. Pilih icon menu Update and Security Pilih lagi menu disamping kiri Windows Security Pada jendela baru yang muncul, ada pilihan Virus & Threat protection Klik ini Lalu matikan proses Real-time protection tersebut. Dengan Regedit. Buka dialog regedit, Windows + R dan ketik ‘regedit’ Cari Folder regedit ini HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender Buat sebuah DWORD baru dengan klik kanan

Setup Debian 11 Official Repository In sources.list (/etc/apt/sources.list)

When you install Debian 11 using a DVD, the OS installer sets the DVD as the source for getting packages for your system if you didn't choose to scan for network mirrors. Due to this reason, the system would ask you to insert a DVD if the disc is not present in the DVD drive when you try to install any software.  Also, the packages on DVD may not be the latest release.  So, we need to get the packages from the Internet. Media change: please insert the disc labeled 'Debian GNU/Linux 11.0.0 _Bullseye_ - Official amd64 DVD Binary-1 20210814-10:04' in the drive '/media/cdrom/' and press [Enter] The /etc/apt/sources.list file with DVD as a source would look something like below. # deb cdrom:[Debian GNU/Linux 11.0.0 _Bullseye_ - Official amd64 DVD Binary-1 20210814-10:04]/ bullseye contrib main deb cdrom:[Debian GNU/Linux 11.0.0 _Bullseye_ - Official amd64 DVD Binary-1 20210814-10:04]/ bullseye contrib main deb http://security.debian.org/debian-security bullseye-security

Cara Berlangganan ke Akun OnlyFans

Ada dua jenis akun di OnlyFans: akun pengguna dan akun pembuat konten. Jika Anda berlangganan akun OnlyFans, maka Anda adalah pengguna. Sementara beberapa akun pembuat OnlyFans tidak mengenakan biaya untuk melihat konten mereka, yang lain dapat mengenakan biaya bulanan $50. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara berlangganan akun OnlyFans di berbagai perangkat. Kami juga akan membahas proses berlangganan akun OnlyFans tanpa kartu kredit atau debit. Cara Berlangganan Akun OnlyFans Tanpa Menggunakan Kartu Kredit Pribadi Anda Sebagai salah satu platform paling populer di industri hiburan dewasa, OnlyFans memiliki 130 juta pelanggan dan 2 juta kreator. Meskipun ada sedikit kontroversi seputar aplikasi ini, ada akun pengguna baru yang dibuat setiap hari. Jika Anda ingin membuat akun pengguna, Anda harus melakukannya di situs OnlyFans. Ingatlah bahwa Anda harus berusia minimal 18 tahun untuk membuat akun OnlyFans.